Selasa, 10 Juli 2012

Ubuntu, udah gratis keren pula ..

Kalian tau linux kan ? itu lho sistem operasi yang awal mula diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya yang berasal dari sistem operasi GNU, dan diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman, tau kan ? kalo ga tau tanya deh mbah gugel. hehe, linux adalah sistem operasi unix-like, atau seperti unix tapi bukan turunan unix *apalagi tuh gak ngerti* tanya bah gugel kalo gak ngerti. hahaha, karena si pengembang meniru sistem operasi unix yang sengaja di kembangkan untuk open source, begituu *CMIIW* . Liat skema gambar dibawah ini :
Gambar diatas adalah sekema gimana sistem operasi yang berbasis unix berkembang, nah yang dimaksud linux disini adalah dimulai dari GNU/linux yang kotak yang berwarna biru, nah itu lah awal mula linux di kembangkan..
Hingga saat ini sudah ratusan varian OS linux yang tersebar di seluruh penjuru dunia, termasuk indonesia *wah keren indonesia bisa juga* seperti Debian, RedHat, Ubuntu, OPENSuse, dan buatan lokal seperti : GarudaOS, BlankON, dll.
Karena saya menggunakan ubuntu, maka disini saya akan menuliskan tentang ubuntu, ubuntu adalah sistem operasi linux turunan debian, yang sangat populer karena kemudahan, dan user interface yang menarik. Ubuntu dapat di unduh di website resminya, dan tentunya gratis, karena linux tuh semuanya Open Source. Ada dua versi GUI ubuntu yaitu Kubuntu (menggunakan desktop environment KDE) sedangkan Ubuntu sendiri menggunakan Gnome, dan tahu kah kalian, ubuntu punya filosofi sendiri lho, seperti ini bunyinya:
  • bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya
  • bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik
  • bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mendapatkan, mengubah, dan mendistribusikan perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan tanpa halangan apapun
Ubuntu memiliki fitur yang luar biasa, dan aplkasi2 yang hampir sama seperti sistem operasi lainnya yang berbayar, dan tentunya gratis dengan kegunaan yang hampir sama seperti program office, pemutar musik, video, bahkan software editing foto, video,dan musik tersedia juga di ubuntu.. Untuk penginstalan sangat mudah dan membutuhkan resource yang tidak terlalu banyak, tinggal sediakan partisi minimal 10gb ubuntu sudah bisa berjalan normal, dan kalau di PC/Laptop kita sudah terinstall windows, ubuntu ini akan otomatis menyediakan pilihan boot antara windows dan linux.. 
Ayo kawan go Open Source dari sekarang, daripada pake bajakan mulu . haha, belajar memulai sebagai selingan sistem operasi utama.. okeh..

sekian dulu ya kawan cerita nya, terimakasih sudah mampir .. :)
Kalo Mau Share / CoPas biasain dicantumin blog sumbernya yaaa .. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isi komentarnya yaa... :)

Follow Me On Twitter
Add Me On Facebook