Jumat, 01 November 2013

Cara kerja jaringan wireless

       Jaringan wireless merupakan teknologi jaringan yang dikembangkan melalui gelombang radio, yang sebelumnya jaringan menggunakan media kabel sebagai penghubungnya, dengan jaringan wireless ini pengguna tidak di sulitkan dalam mengatur dan menata kabel yang digunakan untuk menghubungkan antar komputer. Lalu bagaimanakah jaringan wireless itu dapat bekerja ?, berikut ini merupakan penjelasan tentang mengenai jaringan wireless dapat bekerja..
       Di dalam jaringan wireless terdapat tiga buah komponen yang dibutuhkan untuk dapat mengirim dan menerima data, yaitu : sinyal radio (radio signal), format data (data format) dan struktur jaringan (network structure). Dalam jaringan komputer kita mengenal adanya tujuh lapisan OSI (Open System Interconnection) yaitu :

       Masing-masing dari ketiga komponen yang telah disebutkan sebelumnya berada dalam lapisan yang berbeda-beda. Mereka bekerja dan mengontrol lapisan yang berbeda. Sebagai contoh : sinyal radio (komponen pertama), bekerja pada physical layer. Lalu format data mengendalikan beberapa lapisan diatasnya. Dan struktur jaringan berfungsi sebagai alat untuk mengirim dan menerima sinyal radio. Lebih jelasnya, cara kerja jaringan wireless dapat diibaratkan seperti cara kerja modem dalam mengirim dan menerima data, ke dan dari internet. Saat akan mengirim data, komponen-komponen wireless tadi akan berfungsi sebagai alat yang mengubah data digital menjadi sinyal radio. Lalu saat menerima data, komponen-komponen wireless tadi berfungsi sebagai alat yang mengubah sinyal radio menjadi data digital yang bisa dimengerti dan diproses oleh komputer.
       Kemudian muncul pertanyaan, bagaimana sinyal radio dapat diubah menjadi data digital? Prinsip dasar yang digunakan pada teknologi jaringan wireless ini sebenarnya diambil dari persamaan yang dibuat oleh James Clerk Maxwell di tahun 1964. Alat yang menghasilkan gelombang radio itu biasa disebut transmitter. Sedangkan alat yang digunakan untuk mendeteksi dan menangkap gelombang radio yang ada di udara biasa disebut receiver. Agar kedua alat ini (transmitter dan receiver) lebih fokus saat mengirim, membuat pola gelombang, mengarahkan, meningkatkan, dan menangkap sinyal radio, ke dan dari udara, maka diperlukan alat lain, yaitu antena. Berkat persamaan dari Maxwell, transmitter, receiver, serta antena, yang kemudian disatukan dalam semua peralatan jaringan wireless itulah, maka komputer bisa berkomunikasi, mengirim dan menerima data melalui gelombang radio, atau biasa disebut dengan jaringan wireless.

       Di dalam jaringan wireless terdapat beberapa perangkat yang dibutuhkan agar jaringan dapat berjalan dengan sempurna, pada gambar diatas dijelaskan perangkat utama yang dibutuhkan yaitu :

  1. Access Point, access point ini adalah perangkat yang paling utama agar terdapatnya jaringan wireless, jaringan wireless di sebarkan oleh perangkat ini, perangkat ini berfungsi sama hal nya dengan hub/switch yang menghubungkan lebih dari satu komputer ke jaringan lokal (LAN), jaringan wireless dapat di enskripsi agar aliran data memiliki keamanan.
  2. Komputer server/router, perangkat ini digunakan untuk mengatur konfigurasi jaringan dan memanage koneksi.
  3. Internet, pada bagian ini internet digunakan untuk mengakses jaringan luar yang diberikan ole ISP ketika kita berlangganan internet.

Kalo Mau Share / CoPas biasain dicantumin blog sumbernya yaaa .. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isi komentarnya yaa... :)

Follow Me On Twitter
Add Me On Facebook